Pengalaman Belanja Online Di Lazada Group Indonsia |
Facesiana.com | Pengalaman Belanja Hp Smartphone Secara Online Di Lazada Group - Toko Online Indonesia. Saya membuat artikel ini berdasarkan pengalaman saya beli Hp Secara Online di Lazada Indonesia. Sedikit Ulasan mengenai Lazada Indonesia sendiri yaitu merupakan Ecommerce terbesar yang ada di seluruh Wilayah Asia Tenggara. Lazada Indonesia sendiri sekarang sudah di ambil alih Oleh Bos Besar Alibaba Group yang ada di Hangzhou, Republik Rakyat Tiongkok.
Saya sendiri mengenal Toko Ecommerce Lazada ini melalui iklan-iklan yang ada di Website dan juga melalui Televisi. Memang benar beberapa pengalaman yang didapatkan dari pembeli atau konsumen didalam Negeri sebagian kurang memuaskan dan ada juga yang memuaskan.
Lazada Group merupakan Toko Online terbesar yang ada di Indonesia, Bahkan keberadaannya sendiri memberikan kemudahan kepada rakyat Indonesia untuk membeli produk dengan mudah. Sesuai dengan moto dari Lazada sendiri " Belanja Itu Gak Ribet". Artinya dalam membeli sesuatu secara online tidaklah sesulit ketika kita berbelanja langsung dengan datang ke Toko.
Lazada Group memberikan penawaran dengan harga-harga yang Fantastis, Mulai dari harga diskon dan juga memberikan event-event berhadiah yang cukup menarik untuk para calon konsumen yang ada di Indonesia. Lazada mengambil alih Pangsa pasar di Indonesia, lebih dari 20 Juta orang aktif menggunakan situs Ecommerce satu ini.
Cukup terbilang Fantastis untuk pencapaian Lazada sampai saat ini. Saya sendiri sudahh 5 Kali membeli Produk dari Lazada Group dan memang untuk kualitas Produk yang saya dapatkan sesuai dengan produk yang mereka tawarkan.
Nah sahabat Facesiana, kali ini saya akan memberikan pengalaman membeli Hp secara online di Lazada Indonesia, terlebih pengalaman Belanja Hp smartphone Zenfone Asus di Lazada. Mungkin untuk yang punya pengalaman lain seperti Produk Iphone, Samsung, Dan Produk Elektroniknya bsia memberikan ulasan diakhir artikel ini. Berikut pengalaman Beli Hp Secara Online di Lazada Group - Toko Online Terbesar di Indonesia.
Pengalaman Pribadi Membeli Hp Zenfone 2 Asus Di Lazada Indonesia.
Tanggal 12 Juli 2017 Tepatnya Pukul 19.00 WIB, saya mencoba untuk browsing sana-sini untuk mencari Produk yang ingin saya beli yaitu Hp Zenfone 2 Laser Asus.
Setelah beberapa lama mencari di internet saya menemukan situs Ecommerce Lazada yang memberikan Produk dengan diskon yang Cukup Menarik hingga beberapa persen dari harga Normal.
Sebelumnya sama sekali tidak tertarik dengan tawaran yang diberikan. Tapi setelah saya banding-bandingkan dengan Toko online sebelahnya sepertinya Produk Zenfone Asus ini yang paling murah di Lazada. Untuk spesifikasinya sendiri memang cukup menggiurkan ditambah dengan Harganya yang pas dengan kantong anak kos.
Hp Zenfone 2 Asus RAM 2GB / Internal 16GB di jual dengan harga Rp. 1.439.000,00 Nett dengan pengiriman Gratis dan menggunakan sistem COD atau bayar ditempat, tentu saja sistem pembayaran yang lebih aman untuk mendapatkan produk yang sesuai dengan juga menghindari hal-hal yang terjadi. Ini alasan saya kenapa memilih sistem pembayaran COD.
Ada beberapa alasan yang harus kamu ketahui jika ingin membeli barang Elektronik dengan harga dibawah 2 jutaan melalui Toko Online.
Jika ada sistem COD Tanpa ragu ambil saja, Toh kita juga tidak rugi kalau ada barang yang sama sekali tidak sesuai bukan ?
Kelebihan Membeli Produk Elektronik Dengan Sistem COD Di Lazada
- Mudah untuk melakukan pengecekan terlebih dahulu sebelum kita melakukan pembayaran.
- Lebih aman karena sistemnya barang bagus kita bayar, Its Ok.
- Cocok untuk kamu yang masih ragu belanja online dengan sistem pembayaran lansung.
- Produk tidak sesuai bisa ditukarkan kembali tanpa kehilangan uang sepeserpun.
Kerugian Belanja Online Barang Eletronik Secara Online
- Kadang kala produk yang didapat sama sekali tidak sesuai dengan produk yang ditawarkan.
- Ada kerusakan bisa jadi sulit untuk proses refund uang
- Lebih rawan jika adanya penipuan dan lain-lain
Nah disini saya menggunakan sistem COD, sistem pembayaran di tempat. Barang sudah sampai, saya cek lalu saya bayar. Ini memang sangat aman karena produk bisa sesuai dengan yang kita harapkan, tidak adanya lecet atau yang lain-lainnya. Jika ada bisa langsung kembalikan ke kurir dan tukarkan tanpa kehilangan biaya sama sekali.
Tanggal 12 Juli 2017 saya melakukan pembelian Hp di Lazada, kemudian di tanggal 13 Juli sudah masuk ke proses pengiriman. Pengiriman standar yaitu pada tanggal 15 Juli 2017 - 18 Juli 2017. Sesuai dengan standar pengiriman sendiri saya mencoba untuk menunggu sampai tanggal 15 Juli.
Mungkin masih dalam proses Pengiriman karena untuk wilayah di Luar JABODETABEK sendiri memerlukan Ekstimasi waktu sekitar 6-14 Hari kerja. Dan ini memang memakan waktu yang cukup lama kalau anda membeli produk dengan sistem COD sendiri. Terkecuali pembayaran di muka mungkin sedikit lebih dipercepat.
Tanggal 14 Juli masih melakukan pengcekan lagi ternyata masih dalam proses pengiriman, Lakukan pengcekan sesering mungkin di halaman status Order.
Setelah itu pada tanggal 15 Juli Barang sudah sampai di tangan, Kurir yang ramah dan juga selalu ceria memang memberikan kesan yang sopan dan saling menghargai. Konsumen tentu saja akan senang jika melihat Kurir yang ramah dan sopan.
Produk sudah ada ditangan saya. Kemudian saya melakukan cek terlebih dahulu dengan meminta Kurir menunggu sebentar. Ok dari sini barang sudah sesuai denga spesifikasi yang saya lihat dan mash segel. Intinya produk yang saya beli aman dan juga asli langsung dikirim dari lazada.co.id.
Tidak semua Toko Online itu memberikan kemudahan dalam bertransaksi, banyak sekali toko Online yang merebut hati para konsumen di Indonesia dengan tawaran-tawaran yang murah meriah dan berbagai ragam Diskon yang menarik.
Tapi Paling tidak kamu harus paham seperti apa toko online yang digunakan. Tidak semua Ecommerce memiliki persediaan Produk sendiri, banyak sekali Merchant yang bergabung dengan Ecommerce besar seperti Lazada.
Jadi kalau kamu mendapatkan barang yang tidak sesuai dengan kriteria dan produk yang ditawarkan bisa adi kemungkinan itu bukan produk resmi dari Lazada sendiri melainkan Dari Toko lain yang ingin bergabung dan bekerjasama dengan Lazada. Lazada tidak selalu memberikan kemudahan untuk mengembalikan dana " Refund".
Bisa jadi dana sudah ditransfer ke merchant yang bergabung sehingga waktu untuk pengembalian dana juga memakan waktu yang cukup lama. Jadilah smart buyer, tidak semua merchant yang ada di Lazada benar-benar memiliki produk yang berkualitas.
Banyak Khasus dari pengalaman orang-orang yang membeli ponsel di Lazada mengalami masalah seperti barang atau produk langsung rusak, kemudian ada juga khasus membeli iphone dapat sabun.
Saya rasa ini bukan kesalahan langsung dari Pihak Atasan Lazada, Keteledoran seperti ini biasanya dibagian Packingnya sendiri dan juga kesalahan data pemesanan.
Nah biar kamu makin paham bagaimana membeli barang atau produk secara online di Lazada berikut ini saya akan memberikan beberapa tips untuk kamu yang ingin berbelanja di lazada.co.id.
Zenfone Asus Dari Lazada :
Pengalaman membeli Produk Online di Lazada Indonesia yang aman.
Pertama-tama kamu bisa cari terlebih dahulu produk yang ingin kamu beli, apakah produk elektronik atau produk lainnya. Mungkin kamu terarik dengan produk diskon, tapi ingat jangan langsung mudah tergoda begitu saja untuk membeli, bandingkan terlebih dahulu dengan merchant lain yang ada di Lazada.
Apakah harga dengan potongan diskon yang segitu cukup wajar untuk dibeli, Jika selangnya sekitar Rp.200.000- an sendiri mungkin sudah cukup wajar untuk kamu beli. Disini saya ambil contoh membeli ponsel Zenfone 2 Asus, Saya tertarik dengan harga dan penawaran diskon yang diberikan. Cukup murah dan tentu saja melalui sistem COD " Bayar di tempat ".
cara Membeli produk Online yang aman di lazada |
Produk diatas merupakan produk Elektronik yang cukup murah dan bisa dibeli dengan harga Rp.1.439.000 dari harga awal Rp.2.199.000. Memang kalau dilihat dari harganya sendiri selangnya sangat tinggi, Kenapa saya yakin membeli produk Ini ?
Nanti akan saya jelaskan dibawah. Berikutnya mari kita lihat lagi informasi pembayaran dan juga Informasi tambahan dari Lazada ketikan kita sudah menentukan produk yang akan dibeli.
Belanja yang aman di Lazada Indonesia |
Kita fokus ke beberapa informasi pembelian yang sudah saya beri Kotak warna biru, Akan saya jelaskan lebih rinci dibawah ini agar kamu benar-benar paham bagaimana belanja yang aman di Lazada.
Cara Belanja Yang Aman Di Lazada Indonesia
- Pada point pertama lihat terlebih dahulu lokasi transaksi yang kamu gunakan, apakah sistem COD ini bisa dilakukan dengan mudah di lokasi yang sudah terdaftar dengan akun kamu. Kalau sama sekali sistem ini tidak bisa karena jangkauan Lokasi terlalu jauh mungkin urungkan saja niat kamu untuk membeli produk ini. Gantikan dengan produk yang lainnya. Jika ada keluarga yang lebih dekat kamu bisa menggunakan alamatnya.
- Point kedua Yaitu lihat untuk standar pengirimannya sendiri, untuk produk contoh yang ada diatas ini standar pengirimannya yaitu di tanggal 19 juli - 21 juli. Tapi saya memesan di tanggal 12 Juli sehingga lebih cepat yaitu di tanggal 15-18 Juli saja. Ini bisa menjadi patokan untuk standar pengiriman. Ingat untuk wilayah di Luar JABODETABEK biasanya memakan waktu sampai 6-14 Hari kerja. Ini berdasarkan informasi dari Customer Service sendiri.
- Point Ketiga yaitu dengan melihat sistem pembayaran yang diberikan, apakah benar dengan sistem COD bayar ditempat atau tidak. Ini hanya untuk memastikan saja, karena biasanya produk yang dijual di Lazada diberi Label BAYAR DI TEMPAT.
- Point Keempat yaitu melihat Penjual dan pengirimnya. Nah bagian ini yang cukup penting untuk kita koreksi dan benar-benar harus jeli. Biasanya banyak sekali Merchant yang menjual produk Elektronik di Lazada sehingga sering kali kita mendapatkan harga dengan diskon besar tapi diacak dan tidak melihat mercant yang menjualnya. Banyak Merchant Abal-abal yang ada di Lazada. Maka dari itu perhatikan dengan benar sebelum membelinya.
- Point Kelima Untuk point kelima ini merupakan Informasin jaminan perlindungan produk yang dibeli dan juga informasi mengenai Garansi 14 hari pengembalian, untuk Garansi pengembalian ini kamu punya waktu 2 minggu untuk mengetes barang yang kamu beli apakah benar-benar bagus dan sesua dengan pesanan. Jika tidak sesuai kamu bisa mengembalikan lagi ke lAZADA. Nanti akan saya jelaskan bagaimana proses pengembalian Produk Yangc cacat atau tiidak sesuai.
Kita lihat terlebih dahulu merchant yang menjual produk tersebut berapa skor untuk pelayanannya, semakin tinggi ranting bintang untuk merchant yang menjual maka produknya bisa dipercaya dengan baik dan tentu cukup berpengalaman dalam memberikan pelayanan kepada konsumen.
Lihat dibagaian yang saya kolomi, ini merupakan merchant yang bergabung dengan Lazada untuk menjual produk-produk mereka di Lazada Group.
Coba lihat gambar diatas dibagian Merchantnya sendiri, kalau memiliki nilai rantingnya tinggi bisa jadi merchant tersebut benar-benar seller terbaik dan cukup bisa dipercaya.
Perhatikan Jumlah merchant yang memberikan penawaran, ada berapa merchant yang sama biasanya. Tapi usahakan anda mendapatkan merchant yang benar-benar berkualitas memberikan penaawaran terbaik.
Baca Juga : Membangun Bisnis E-Commerce Di Era Digital yang sudah berkembang begitu pesat
Biar lebih jelas kita lihat dengan cara melakukan searching apakah merchant tersebut mempunyai lokasi jual beli secara offline, Jika ada berarti benar-benar bisa dipercaya.
Contohnya saja akan mengambil merchant Ultimate Jakarta, apakah mereka mempunyai tempat resmi untuk menjual barang-barang elektronik.
Pengalaman berbelanja di Lazada |
Setelah melakukan pengcekan Nilai ranting dan searching di mesin pencari ternyata Merchant ini memiliki Toko Resmi untuk menjual Produk elektronik berserta dengan Offical website yang mendukung jual beli online. Berikut Screenshotnya :
Contoh Merchant Di Lazada.co.id |
Contoh Merchant Di Lazada.co.id |
Contoh Merchant Di Lazada.co.id |
Kalau seperti ini kan jelas siapa yang menjual dan mengirimkan produk kita nantinya, lakukan pengecekan seperti ini kalau kamu ingin benar-benar mendapatkan produk yang aman pada saat belanja Online di Lazada.co.id.
Kemudian langkah berikutnya yaitu dengan melihat beberapa ulasan para pembeli produk yang sama dengan produk yang akan kamu beli, Kita lihat ranting dan juga ulasan yang mereka tuliskan disana. Jika dominan banyak yang memberikan kesan yang positif berarti bisa jadi produk kamu nanti bisa aman, jika ada beberapa yang memberikan Ulasan Negatif jangan langsung down, bisa jadi dia dapat merchant yang sama sekali tidak berpengalaman dalam memberikan pelayanan kepada calon konsumen.
Ulasan-ulasan produk oleh konsumen via Lazada |
Baca Juga : 12 Peluang usaha Jangka Panjang Dengan Untung Besar
Lantas bagaimana kalau produk sama sekali tidak sesuai dengan yang kita pesan ? Apakah kita bisa mengembalikan dan menukarkan dengan produk yang sesuai ? Bisa. Caranya mudah sekali.
Ketika Kurir Menunggu Produk Di Cek
- Lakukan pengecekan terlebih dahulu, baik dari merk, kemudian spesifikasinya dan lihat apakah berfungsi dengan normal.
- Jika kurang sesuai dengan pesanan yang ada di website, kembalikan ke kurir dan tunjukan kepada kurir bahwa produk sama sekali tidak sesuai. Dan pembelian bisa kamu batalkan.
Ketika Kurir Sudah Pulang
- Untuk cara ini memang sedikit ribet dari pada cara yang diatas.
- Langkah pertama jangan buang semua kemasan baik plastik dan juga kardus dari Lazada. Karena itu sangat perlu untuk pengembalian produk secara utuh. Packing kembali dengan rapi dan ingat, pada saat pembelian produk kamu pastinya akan mendapatkan kartu garansi pengembalian produk yang tidak sesuai atau cacat. Ambil kartu tersebut, biasanya ada didalam Packing. Lihat dan baca syarat-syaratnya, pada bagian alasan pengembalian produk bisa kamu centang mana yang paling kamu anggap bermasalah.
- Setelah itu tempelkan Kartu garansi diatas Packing, jangan didalam yah. Tapi diluar Packingnya. tempelkan keduanya, karena kamu mendapatkan 2 kartu informasi garansi.
- Langkah berikutnya silahkan kamu masuk ke website lazada yaitu dibagian pemesanan, dimana kamu akan lihat link pengembalian, klik dan nanti akan masuk ke proses pengisian Formulir pengembalian produk. Tulis sesuai dengan produk yang anda beli dan apa alasan produk dikembalikan.
- Langkah selanjutnya cetak Formulir tersebut dan tempelkan dibagian atas Packing product yang sudah dikemas tadi. jadi ada 3 Kertas yang ditempelkan. yaitu 1 formulir dan 2 Informasi garansi.
- Kirimkan kembali melalui JNE ke WareHouse Lazada. Untuk alamatnya sendiri dibawah ini.
LAZADA WAREHOUSE
LAZADA INDONESIA WAREHOUSE - PUNINAR LOGISTICS
Jl. Inspeksi Kirana, Nagrak,
Cakung Drain - Cilincing,
Jakarta Utara 14120
Untuk informasi lebih Jelas Pengembalian Produk Lazada Lihat disini : LAZADA RETURN PRODUCT
Sistem Pengembalian Product Di lazada indonesia |
Kelebihan Belanja Online Di Lazada Indonesia
a. Beraneka ragam produk Tersedia
Yang pertama yaitu mengenai produk yang ditawarkan oleh Lazada sendiri memang cukup beraneka Ragam dan banyak sekali pilihan produk yang bisa kamu beli. Tentu saja dengan harga yang beraneka ragam juga pastinya, bukan hanya dari dalam negeri saja melainkan juga ada Merchant dari Luar negeri yang turut bekerjasama dengan Lazada.
b. Banyak Diskon Yang Menarik
Yang kedua yaitu banyaknya Diskon yang cukup menarik hingga tembus 80%, Tapi ingat sesuai dengan yang sudah saya utarakan jangan mudah tergiur, pastikan diskon yang benar-benar berkualitas.
c. Website Yang User Friendly
Yang ketiga mengenai masalah tampilan website sendiri yang user Friendly sekali, tentu saja mampu membuat pengujung merasa nyaman dan mudah dalam melakukan pembelian produk secara online,
d. Bebas Ongkos Kirim
Lazada juga memberikan kemudahan seperti bebas ongkos kirim ke berbagai lokasi yang tercantum sesuai dengan persyaratan dan ketentuannya, bebas ongkos kirim saya rasa banyak dinikmati para konsumen yang membeli produk di Lazada.
e. COD ( Cash Of Delivery )
Pembayaran ditempat juga tersedia untuk kamu yang masih kurang yakin mengenai keamanan jual beli secara online.
Kekurangan Berbelanja Online Di Lazada Indonesia
a. Pengiriman Barang Kadang Tidak Sesuai Jadwal Pengiriman
Ini memang sering kali dialami para konsumen yang belanja produk di Lazada, biasanya untuk produk dengan nilai yang kecil akan lebih lama dibandingkan dengan produk yang mempunyai nilai lebih mahal.
b. Fasilitas COD Belum Tersedia Untuk Beberapa Kota Di Indonesia
Yang kedua mengenai Fasilitas COD sendiri hanya tersedia dibeberapa kota-kota besar, kamu akan mengetahuinya dengan cara membeli produk di Lazada, apakah ada falisitas COD sesuai dengan Kota kamu. Jika ada beruntung sekali kalau begitu.
Ok sahabat facesiana, itulah sedikit Pengalaman Pribadi Belanja Hp Dan Barang Elektronik Secara Online Di LAZADA.CO.ID - Toko Online Terbesar Di Indonesia. Semoga cukup memberikan referensi dan informasi yang bermanfaat untuk teman-teman facesiana. Terimakasih.