Monday, June 15, 2015

Wawancara Dan Ungkapan Mengakihiri Percakapan

A544Untuk mengakhiri percakapan, kita dapat menegaskan kembali sesuatu yang telah dikemukakan atau memberikan simpulan dari seluruh percakapan itu. Selain itu ada beberapa kata atau ungkapan penumpu atau penghubung antar kalimat yang acap digunakan untuk mengakhiri suatu percakapan seperti:

- Sekianlah

- Demikianlah

- Begitulah

- Sebagai penutup

- Akhirnya

Hal-hal yang biasa ditambahkan untuk mengakhiri pembicaraan atau percakapan adalah sebagai berikut :

1. Permintaan maaf, misalnya :

- ada kurang lebihnya saya mohon maaf

- atas segala yang kurang berkenan dihati, saya mohon maaf

- jika ada kata yang menyinggung perasaan, berkenan kiranya bapak/ibu member maaf

dalam situasi non formal permintaan maaf sering menggunakan ungkapan :

- sory (ya!)

- maaf (ya!)

2. ucapan terima kasih, misalnya :

- atas perhatian bapak/ibu saya ucapkan terima kasih

dalam situasi non formal ucapan terima kasih sering diungkapkan sebagai berikut :

- makasih ya!

- Trims !

3. Ungkapan-ungkapan perpisahan, misalnya :

- Selamat berpisah

- Sampai jumpa

- Perkenankan saya undur diri

Dalam situasi nonformal sering juga kita jumpai ungkapan perpisahan sebagai berikut:

- Da

- Bye !

- Sayonara

4. Salam Penutup, misalnya :

- Selamat pagi/siang/sore/malam

- Wasalamualaikum Wr.Wb

Dalam situasi nonformal salam penutup yang sering digunakan antara lain :

- Mat pagi/siang/sore/malam

- Wasalamualaikum Wr.Wb

B. Wawancara

Wawancara merupakan tekhnik memperoleh data atau informasi dengan jalan mengajukan pertanyaan-pertanyaan kepada narasumber. Agar wawancara berhasil, perlu persiapan sebagai berikut :

- Tentukan tema, tujuan dan pokok-pokok pikiran yang akan ditanyakan

- Tentukan narasumber, hubungi kesediaannya, buat kesepakatan waktu dan pelaksanaan

- Susunlah daftar pertanyaan untuk masing-masing narasumber secara sistematis mulailah dari hal-hal yang bersifat umum

- Siapkan alat pencatat atau perekam

- Melakukan wawancara yang disertai pencatatan atau perekaman

- Merumuskan hasil wawancara

Dalam pelaksanaannya wawancara terbagi atas tiga bagian yaitu : 1. Pendahuluan , 2. Inti atau pokok, 3. Penutup

1. Pendahuluan

Salam, sapaan kepada narasumber, penyebutan nama dan identitas pewancara dan penegasan maksud atau tujuan wawancara

2. Inti

Wawancara yang sesungguhnya. Bagian ini terdiri atas :

a. Permulaan

b. Puncak wawancara

c. Momen psikologis

Permulaan wawancara berupa pertanyaan ringan untuk menjalin keakraban dengan narasumber. Setelah keakraban terjalin secara berangsur-angsur pertanyaan memuncak ke focus permasalahan. Focus permasalahan itu lah sasaran utama dari pertanyaan yang diajukan kepada narasumber. Setelah sampai ke klimaks pertanyaan, bobot pertanyaan di ubah untuk mengakhiri wawancara tersebut. Situasi perubahan yang memperngaruhi tanggapan itulah yang disebut momen psikologis

3. Penutup

Biasanya berupa :

a. Penyampaian terima kasih

b. Penyampaian kesan positif atas kesediaan diwawancarai

c. Permintaan maaf jika ada tutur kata atau pertanyaan yang kurang berkenan

d. Membuat kesepakatan lebih lanjut bilamana mungkin

e. Salam akhir atau penutup

B. Etika Wawancara

- Gunakan bahasa yang santun. Contoh yang kurang santun : kenapa (sebaiknya mengapa), gimana (sebaiknya bagaimana),

- Hindari pertanyaan tentang hal yang tabu atau menyinggung perasaan, pertanyaan yang meremehkan atau pertanyaan yang mengandung ketidakpercayaan, misal:

Berapa keuntungan bapak dari kegiatan sosial semacam ini ?

Sejauh mana validitas jawaban bapak dalam hal ini?

Apakah jawaban bapak bisa dipertanggungjawabkan ?

- Jawaban yang dinyatakan off the record jangan dicatat sebagai hasil wawancara

- Pandai-pandailah menyimpulkan jawaban yang panjang lebar

Disqus Comments
Powered by Blogger.

Label

#NgeblogburitBlibli (2) 12 Pahlawan Nasional (1) AC Bau (50) AC Bocor (50) AC Error (50) AC Mati (50) AC Tidak Dingin (50) ac yang benar (1) Admin (1) Adsense blogspot (1) Adsense hosted (1) AdsOptimal (2) Android (17) aplikasi (1) Artis (5) asuransi kesehatan masyarakat (2) AuthorPost (1) bagaimana pake ac yang benar (1) Bahasa Indonesia (49) Bahasa Inggris (1) Bahaya daging kambing (1) Bank (4) Bank Indonesia (1) banner (36) bca (1) beginner's guide (4) Belajar membuat website A sampai Z (1) Beli rumah pakai BPJS (1) bencana (1) Berita (3) Bernyanyi (2) Biduan (3) Bisnis (223) Bisnis Kuliner (162) Bisnis Online (10) BisnisOnline (6) blogger (3) blogger pages (1) blogger posts (2) Blogger Templates (2) Blogging (43) BlogNews (6) Bongkar AC (50) BPJS Kesehatan (1) buat web (637) buat website (637) Bulu mata (1) Business (1) Cara Membuat Website (637) Cara Mendapatkan Kartu Perlindungan Sosial (KPS) (1) cara mendapatkan penghasilan melalui blogspot (1) cara sehat menggunakan ac (1) Cara Sukses (3) Cicil rumah pakai BPJS (1) Cita Citata (1) Cms (1) Corona Virus (11) Covid-19 (12) Cpanel (1) css (1) Cuci AC (50) Daftar BPJS (1) Digital Marketing (20) digital printing (36) Discount Bikin Web (11) Discount Pandemi (10) Discount Pandemi Covid-19 (10) Domain (3) DUKCAPIL (20) E-Commerce (7) Ebook (1) Eyelash (1) Facebook (4) Fokus berita (1) Free web hosting (1) Gadget (1) Game Android (4) go mobile (1) gojek indonesia (1) google adsense (2) Google My Business (2) google search consol (1) gopay (1) Hidrolik (1) Hidrolik Cuci Mobil (1) Hidrolik Mobil (1) Hobi (1) homepage (1) Hosting (1) Hosting gratis (1) how to (2) HUMOR (2) huruf timbul (1) Idol (5) Image Effects (1) Indonesia Terbitkan Uang Baru 2016 (1) Intermezzo (6) Internet (52) IPA (2) IPS (59) Isi Freon (50) jago merah (1) jakarta (1) JAMKESDA (1) Jasa (639) jasa bikin web (640) jasa bikin website (639) Jasa Bongkar Gedung (1) Jasa Bongkar Gedung Tua (1) Jasa Bongkar Rumah (1) Jasa Bongkar Rumah Tua (1) jasa buat web (639) jasa buat website (639) Jasa Pembuat Website (20) jasa pembuatan web (659) jasa pembuatan website (660) Jasa Service AC (51) Jasa Service AC Kontrak (1) Kandungan daging kambing. (1) Karaoke (5) Karir (2) Kartu Kredit (2) Kartu Member (1) kebakaran pasar senen jakarta (2) Kecantikan (1) Kependudukan (20) Kerajinan (3) Keuangan (2520) Kewirausahaan (1) Kimia (2) Kisah Inspiratif (2) Kisah Sukses (2) Komputer (1) Komputer Dan Jaringan (1) konten (1) Kontraktor (1) Kredit Mobil (1) Kredit Motor (1) Kursus PHP-MySQL Paling Murah dan Mudah Dimengerti (4) LAIN - LAIN (2) letter embossed (1) letter timbul (1) LIFE STYLE (2) Manfaat daging kambing (1) marquee (1) Media Sosial (2) Memilih template blog (1) menggunakan ac yang benar (1) Mozaik Islam (3) mp3 (2) mp3 player (2) News (2) ovo (1) pake ac (1) pake ac yang sehat (1) Pandemi Corona (1) Panduan membuat blog dari nol sampai selesai. (1) Pasang AC (50) Pegadaian (3) Peluang Bisnis (163) Peluang Usaha (163) pembuatan website (637) Pendidikan (2) Penyanyi (5) percetakan (36) Persyaratan dan Cara Membuat e-KTP (1) Pet (1) PHOTOSHOP (1) Phpmyadmin (1) Pinjaman (7) Pkn (19) PopojiCms (1) post (1) Promo (3) promo bikin web (1) promo pembuatan website (1) reklame (1) Renungan (3) Ruang Pers Bang Indonesia (1) Selebritish (6) SEO (5) SEO Onpage Adalah (1) Seo Tool (2) Service AC (51) Service AC Kontrak (1) Service Cuci AC (50) Social Media (2) spanduk (36) StarMaker (9) Starmaker Error (3) Starmaker pakai VPN (3) Starmaker tidak bisa dibuka (3) static pages (1) Superstar (5) teks berjalan (1) tema blog (1) Template (3) Tentang Kartu Perlindungan Sosial (KPS) (1) The dangers of using Braces For Dental Care (1) Tips (1) Tips Dan Trik (14) tips mengenai ac (1) tips sehat (1) tips sehat memakai ac (1) TipsNTrick (1) trending news (1) Tutorial (3) Tutorial Blogspot (19) Tutorial membuat halaman kontak blogspot (1) Tutorial Wordpress (6) Uang Baru (1) Uang Baru 2016 (1) Umum (4) Uncategorized (260) Usaha Kuliner (162) verifykasi ownership (1) Viewen (1) Web Developer (88) Web Programing (20) Welding Shop Citra Raya (2) Widget / Gadget (9) Widgets (1) YouTube (2)

DiDUKUNG