Friday, June 12, 2015

Menerapkan Pola Gilir Komunikasi

ss851387A. Menerapkan Pola Gilir Dalam Diskusi

Pembicaraan dalam diskusi berlangsung mengikuti pola gilir yang diatur oleh moderator. Dalam diskusi, baik pembicara/penyaji maupun penanggap/penyanggah berusaha memecahkan masalah yang sama berdasarkan sudut pandangnya masing-masing, tetapi menuju ke satu tujuan yang sama. Oleh karena itu, sifat pembicaraan adalah saling melengkapi atau saling menyempurnakan pendapat

Pembicaraan dalam diskusi pada umumnya direncanakan secara matang pelaksanaanya pun diorganisasikan dengan baik. Secara garis besar, personalia diskusi terbagi menjadi dua, yaitu :

1. Personalia panitia penyelenggara diskusi

2. Personalia pelaksana diskusi

Personalia panitia inti diskusi terdiri dari ketua, sekertaris dan bendahara. Panitia inti ini dilengkapi dengan pembantu-pembantu bidang untuk urusan tertentu, misalnya urusan urusan tempat, dekorasi, dokumentasi, publikasi dan sebagainya

Personalia pelaksana diskusi terdiri dari pemimpin diskusi/moderator, penyaji/pemrasaran, peserta atau penyanggah dan pencatat. Jika diskusi berupa seminar maka penyanggah dibagi atas beberapa bidang sesuai dengan bidang keahliannya

Kalimat-kalimat yang menandai adanya penerapan pola gilir dalam diskusi antara lain sebagai berikut :

Moderator :

- Mari kita simak penyajian makalah oleh …Sdr….dipersilahkan

- Demikian penyajian makalah oleh …..

- Para peserta dipersilahkan memberi tanggapan

- Penanya kedua dipersilahkan

- Penyaji dipersilahkan member jawaban atau tanggapan balik

Penyaji :

- ….waktu dan tempat saya kembalikan kepada saudara moderator

- Terima kasih atas tanggapan dari…dan jawaban kami sebagai berikut

- Menjawab pertanyaan saudara ….

Peserta :

- Pertanyaan saya tujukan kepada pembicara pertama

- Terima kasih kepada moderator yang telah memberi kesempatan kepada saya

- Kesempatan saya kembalikan kepada moderator

- ……, mohon kiranya saudara penyaji berkenan memberi penjelasan lebih detail

B. Menerapkan Pola Gilir Dalam Komuniasi Sehari-hari

Dalam kaitannya dengan penerapan pola gilir berbicara, ada semacam etika moral yang memberikan prioritas berbicara kepada orang yang mempunyai posisi sosial atau usia yang lebih tinggi

Hal lain yang berkaitan dengan penerapan pola gilir adalah etika berbicara yang berupa larangan memotong (menyela) pembicaraan. Pelanggaran atas norma ini acap berakibat kacaunya komunikasi karena adanya pihak yang tidak mengendalikan luapan emosinya

Jika dalam komunikasi terjadi kevakuman, maka ketua atau pemrakarsa harus segera mengatasinya. Caranya antara lain dengan :

1. Melontarkan pertanyaan perangsang kepada sekalian yang hadir

2. Melemparkan kesempatan bicara kepada beberapa peserta yang diperkirakan produktif dalam menyumbangkan gagasan

3. Mengajukan pertanyaan tersamar yang isinya mengingatkan peserta agar perbincangan tidak terhenti

Dalam komunikasi dua pihak, untuk menjaga keberlangsungan komunikasi hendaknya pembicara bisa membangkitkan perhatian pendengar, caranya antara dengan mengajukan pertanyaan atau meminta tanggapan/pendapat/masukan. Misalnya:

- Kalau menurutmu bagaimana?

- Kamu setuju kan?

- Aneh kan?

- Saya kira kamu juga sependapat dengan saya bukan?

- Bagaimana kira-kira?

Sebaliknya, pendengar hendaknya juga peka terhadap kesempatan untuk berbicara, sehingga bisa dengan cepat merespon, member tanggapan, pandangan, penghargaan atau apresiasi misalnya dengan kalimat berikut:

- O begitu ya

- Ya emang begitu

- Terus bagaimana kelanjutannya?

- Saya kira begitu

- Saya setuju

- Wah, hebat ya.

- Wah, tidak menyangka

Selain itu keberlangsungan dan kenyamanan komunikasi akan terjaga jika kedua belah pihak bisa menilai relevan atau tidaknya apa yang akan dikemukakan dengan topic yang diperbincangkan

Disqus Comments
Powered by Blogger.

Label

#NgeblogburitBlibli (2) 12 Pahlawan Nasional (1) AC Bau (50) AC Bocor (50) AC Error (50) AC Mati (50) AC Tidak Dingin (50) ac yang benar (1) Admin (1) Adsense blogspot (1) Adsense hosted (1) AdsOptimal (2) Android (17) aplikasi (1) Artis (5) asuransi kesehatan masyarakat (2) AuthorPost (1) bagaimana pake ac yang benar (1) Bahasa Indonesia (49) Bahasa Inggris (1) Bahaya daging kambing (1) Bank (4) Bank Indonesia (1) banner (36) bca (1) beginner's guide (4) Belajar membuat website A sampai Z (1) Beli rumah pakai BPJS (1) bencana (1) Berita (3) Bernyanyi (2) Biduan (3) Bisnis (223) Bisnis Kuliner (162) Bisnis Online (10) BisnisOnline (6) blogger (3) blogger pages (1) blogger posts (2) Blogger Templates (2) Blogging (43) BlogNews (6) Bongkar AC (50) BPJS Kesehatan (1) buat web (637) buat website (637) Bulu mata (1) Business (1) Cara Membuat Website (637) Cara Mendapatkan Kartu Perlindungan Sosial (KPS) (1) cara mendapatkan penghasilan melalui blogspot (1) cara sehat menggunakan ac (1) Cara Sukses (3) Cicil rumah pakai BPJS (1) Cita Citata (1) Cms (1) Corona Virus (11) Covid-19 (12) Cpanel (1) css (1) Cuci AC (50) Daftar BPJS (1) Digital Marketing (20) digital printing (36) Discount Bikin Web (11) Discount Pandemi (10) Discount Pandemi Covid-19 (10) Domain (3) DUKCAPIL (20) E-Commerce (7) Ebook (1) Eyelash (1) Facebook (4) Fokus berita (1) Free web hosting (1) Gadget (1) Game Android (4) go mobile (1) gojek indonesia (1) google adsense (2) Google My Business (2) google search consol (1) gopay (1) Hidrolik (1) Hidrolik Cuci Mobil (1) Hidrolik Mobil (1) Hobi (1) homepage (1) Hosting (1) Hosting gratis (1) how to (2) HUMOR (2) huruf timbul (1) Idol (5) Image Effects (1) Indonesia Terbitkan Uang Baru 2016 (1) Intermezzo (6) Internet (52) IPA (2) IPS (59) Isi Freon (50) jago merah (1) jakarta (1) JAMKESDA (1) Jasa (639) jasa bikin web (640) jasa bikin website (639) Jasa Bongkar Gedung (1) Jasa Bongkar Gedung Tua (1) Jasa Bongkar Rumah (1) Jasa Bongkar Rumah Tua (1) jasa buat web (639) jasa buat website (639) Jasa Pembuat Website (20) jasa pembuatan web (659) jasa pembuatan website (660) Jasa Service AC (51) Jasa Service AC Kontrak (1) Kandungan daging kambing. (1) Karaoke (5) Karir (2) Kartu Kredit (2) Kartu Member (1) kebakaran pasar senen jakarta (2) Kecantikan (1) Kependudukan (20) Kerajinan (3) Keuangan (2520) Kewirausahaan (1) Kimia (2) Kisah Inspiratif (2) Kisah Sukses (2) Komputer (1) Komputer Dan Jaringan (1) konten (1) Kontraktor (1) Kredit Mobil (1) Kredit Motor (1) Kursus PHP-MySQL Paling Murah dan Mudah Dimengerti (4) LAIN - LAIN (2) letter embossed (1) letter timbul (1) LIFE STYLE (2) Manfaat daging kambing (1) marquee (1) Media Sosial (2) Memilih template blog (1) menggunakan ac yang benar (1) Mozaik Islam (3) mp3 (2) mp3 player (2) News (2) ovo (1) pake ac (1) pake ac yang sehat (1) Pandemi Corona (1) Panduan membuat blog dari nol sampai selesai. (1) Pasang AC (50) Pegadaian (3) Peluang Bisnis (163) Peluang Usaha (163) pembuatan website (637) Pendidikan (2) Penyanyi (5) percetakan (36) Persyaratan dan Cara Membuat e-KTP (1) Pet (1) PHOTOSHOP (1) Phpmyadmin (1) Pinjaman (7) Pkn (19) PopojiCms (1) post (1) Promo (3) promo bikin web (1) promo pembuatan website (1) reklame (1) Renungan (3) Ruang Pers Bang Indonesia (1) Selebritish (6) SEO (5) SEO Onpage Adalah (1) Seo Tool (2) Service AC (51) Service AC Kontrak (1) Service Cuci AC (50) Social Media (2) spanduk (36) StarMaker (9) Starmaker Error (3) Starmaker pakai VPN (3) Starmaker tidak bisa dibuka (3) static pages (1) Superstar (5) teks berjalan (1) tema blog (1) Template (3) Tentang Kartu Perlindungan Sosial (KPS) (1) The dangers of using Braces For Dental Care (1) Tips (1) Tips Dan Trik (14) tips mengenai ac (1) tips sehat (1) tips sehat memakai ac (1) TipsNTrick (1) trending news (1) Tutorial (3) Tutorial Blogspot (19) Tutorial membuat halaman kontak blogspot (1) Tutorial Wordpress (6) Uang Baru (1) Uang Baru 2016 (1) Umum (4) Uncategorized (260) Usaha Kuliner (162) verifykasi ownership (1) Viewen (1) Web Developer (88) Web Programing (20) Welding Shop Citra Raya (2) Widget / Gadget (9) Widgets (1) YouTube (2)

DiDUKUNG